TIM FISIKA FMIPA UNIVERSITAS RIAU SABET JUARA 1 PADA AJANG LOMBA ASTRA GREEN ENERGY STUDENT INNOVATION (AGENSI 2018)

TIM FISIKA FMIPA UNIVERSITAS RIAU SABET JUARA 1 PADA AJANG LOMBA ASTRA GREEN ENERGY STUDENT INNOVATION (AGENSI 2018)

Tim riset di bidang energi terbarukan dari prodi S1 Fisika FMIPA Universitas Riau kembali menorehkan prestasi di ajang bergengsi yaitu Astra Green Energy Student Innovation tahun 2018, setelah sebelumnya meraih juara 1 lomba karya ilmiah se-Provinsi Riau pada tahun 2017. Astra Green Energy Student Innovation merupakan sebuah kompetisi inovasi teknologi di bidang new and renewable energy (NRE) yang diadakan oleh PT. Astra International Tbk. Tim riset yang beranggotakan 3 orang mahasiswa UNRI oleh mengembangkan produk inovasi yang disebut dengan SMARTFOCS POWER (Smart Floating Ocean Current and Solar Hybrid Power Generation System). SMARTFOCS POWER merupakan pembangkit hybrid yang memanfaatkan potensi energy arus laut dan energi matahari. Tim Riset Fisika FMIPA mengembangkan produk ini sejak tahun 2016. Yusiran bersama dua mahasiswa fisika FMIPA lainnya yaitu Meissy Yolanda dan Ronaldi Aulia Putra telah berhasil mengembangkan SMARTFOCS POWER hingga menghasilkan daya 1 KVA. Produk SMARTFOCS POWER ini diharapkan mampu mengatasi krisis energy listrik di daerah yang sulit dijangkau oleh akses PLN terutama di pulau-pulau kecil yang tersebar di Indonesia.

Smartfocs Power
Tim Riset : Yusiran, Meissy Yolanda dan Ronaldi Aulia Putra

Pada ajang AGENSI 2018 tim riset yang dibawah bimbingan Bapak Dr. Ahmad Fadli ini telah berhasil menyisihkan lebih dari 2000 peserta AGENSI 2018. UNRI berhasil meraih juara 1, kemudian disusul oleh Politeknik Manufaktur Astra di peringkat kedua dan Universitas Indonesia di peringkat ketiga. Penghargaan langsung diberikan oleh Bapak Menteri BAPPENAS yang sempat melihat langsung produk SMARTFOCS POWER saat itu.

Pasca Lomba AGENSI 2018, Tim Riset Fisika FMIPA UNRI bergabung di Astra Green Energy Student Community (AGEN SC). Pada tahun 2019 mereka berhasil melakukan social project yaitu project PLTS 500 WP MIS Muallim Tabek Talang Babungo, Sumatera Barat. Meskipun mereka saat ini telah menyelesaikan kuliah di Universitas Riau namun mereka tetap aktif di AGEN SC. Pada tahun 2020 ini mereka dipercayai untuk melaksanakan projet social di KBA Indah Madani Pekanbaru, Riau