Dosen Fisika FMIPA UNRI Menerima hibah Rispro LPDP 2020

Suatu prestasi yang sangat membanggakan atas prestasi yang diraih oleh ibu Dr. Minarni, M.Sc beserta tim dalam berkompetisi meraih dana hibah Rispro (Riset Inovatif Produktif) invitasi LPDP batch 1 tahun 2020 dibawah kementerian keuangan Republik Indonesia. Keputusan ini dituangkan dalam Keputusan Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan nomor : KEP-44/LPDP/2020 Tentang penetapan penerima pendanaan Rispro.

Perjuangan untuk memenangkan ini melalui banyak tahapan, mulai dari seleksi administrasi, wawancara, FGD hingga keputusan final siapa yang layak didanai. Peserta awal tercatat lebih dari 100 peserta dari berbagai instansi dan lembaga yang ada diseluruh Indonesia. Keputusan final menetapkan sebanyak 23 peserta yang layak didanai dengan total biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan 2 dan 3 tahun berjalan sebesar Rp. 50.047.359.688.

Prestasi ini sangat membanggakan khususnya bagi Jurusan Fisika FMIPA UNRI dan Universitas Riau, mengingat proses untuk mendapatkan hibahnya penuh dengan tantangan. Ibu Dr. Minarni mengangkat tema penelitian yang berjudul : “Smart Machine Vision berbasis pencitraan multispektral untuk sortasi dan grading tandan buah segar kelapa sawit“. Tema ini sangat bersesuaian untuk memberikan solusi para petani Riau agar mempermudah pekerjaan dalam mensortir dan menilai buah-buah yang layak untuk diproses pada tahapan berikutnya. Mengingat Riau juga merupakan salah satu penghasil CPO terbesar dan terbaik di Indonesia.

Segenap civitas akademika UNRI mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih ini, semoga menjadi motivasi bagi para Dosen dan Peneliti lainnya, dan karya yang dihasilkan dapat diimplementasikan.