TIM Pengabdian Masyarakat Jurusan Fisika Melaksanakan Pengabdian Masyarakat di SMPN 1 Tapung Hulu

Dosen Fisika Universitas Riau Prof. Dr. Erman Taer, M.Si., Prof. Dr. Rakhmawati Farma, M.Si., berkolaborasi dengan Dr. Muhammad Nasir, S.Si., M.Kom., dan Lilik T Hardanto (alumni Fisika FMIPA UNRI) telah mengembangkan suatu alat yang disebut iniserator. Iniserator merupakan alat pembakar sampah tanpa asap yang dikembangkan oleh Prof. Dr.  Erman Taer, M.Si dan tim. Alat ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya mengurangi pencemaran lingkungan dan dapat digunakan sebagai pupuk bagi tanaman (endapan hasil pembakaran sampah).

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan, Prof. Dr. Erman, M.Si dan Tim melaksanakan pengenalan dan demo iniserator kupada para siswa dan perangkat sekolah SMPN 1 Tapunu Hulu. Adapun tujuan kegiatan ini selain untuk menosialisasikan kegunaan dan maanfaat alat iniserator, juga agar alat tersebut dapat digunakan secara langsung di lingkungan pendidikan. Prof. Dr. Erman Taer, M.Si dan tim berharap agar kedepan alat iniserator ini dapat dimasifkan dan disebarluaskan untuk memberikan manfaat di masyarakat.

sumber foto: https://redaksi86.com/tim-kukerta-unri-desa-sumber-sari-tahun-2023-bersama-lilik-t-hardanto-dari-aspan-tech-inisiasikan-iniserator-di-upt-smpn-1-tapung-hulu/